TAHAPAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT

PT EMKA Architect Group merupakan perusahaan KONTRAKTOR DI JOGJA yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat. Menjadi KONTRAKTOR Jogja yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, menjadikan PT EMKA Architect Group bukan hanya sekedar melayani pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll namun juga mengkonsep matang Bangunan yang anda impikan oleh tenaga professional kami serta menyuguhkan Pembangunan yang layak anda idamkan dan ramah lingkungan.

Semua gedung harus melalui tahapan perencanaan bangunan yang baik, dengan landasan memenuhi persyaratan bangunan yang bagus. Kecuali persyaratan kekuatan, semua persyaratan lain dari bangunan agar baik, dilaksanakan pada tahap perencanaan. Persyaratan kekuatan dilakukan selama desain struktur komponen bangunan. Namun dalam perencanaanya tidak berbenturan dengan aturan undang-undang konstruksi dan tata ruang yang berlaku.

Kali ini kita akan membahas bagaimanakah tata cara perencanaan bangunan. Perencanaan dari Bangunan adalah suatu seni yang dikombinasikan dengan ilmu sains. Prinsip perencanaan bangunan dapat dikelompokkan menjadi:

Orientasi berarti menetapkan rencana bangunan terhadap arah mata angin (utara-selatan dan timur-barat) untuk memberi kesempatan kepada pengguna menikmati sinar matahari dan angin sepoi-sepoi bila diperlukan dan untuk menghindari hal-hal gangguan alam yang sering terjadi. Ini juga dikenal sebagai perencanaan aspek bangunan. Aspek berarti penataan pintu, jendela di dinding luar untuk memanfaatkan alam dengan baik. Istilah ini tidak ada hubungannya dengan Aspek arsitektur dari pandangan bangunan. Dapur harus memiliki aspek timur untuk menikmati sinar matahari pagi, artinya dapur harus diletakkan di sisi timur bangunan untuk memanfaatkan sinar matahari pagi.

Efisiensi energi dari sebuah bangunan harus direncanakan sedemikian rupa agar memberikan penerangan, ventilasi dan insulasi panas maksimal, sehingga kebutuhan energi listrik turun. Berikut ini keterangan terkait penggunaan energi alami yang dapat digunakan secara menerus tanpa membutuhkan pemebebanan energi mekanik.

Utilitas harus direncanakan sesuai dengan Tata ruangan mengacu kepada proporsi panjang, lebar dan tinggi ruangan yang sesuai di gedung untuk mendapatkan manfaat maksimal dari dimensi minimum. Rasio panjang terhadap lebar harus 1,2 sampai 1,5. Jika hampir menyerupai area persegi banyak terbuang untuk pergerakan, sementara itu lebih dari 1,5, akan memberi efek ‘terowongan’. Pintu untuk ruangan harus ditempatkan dengan benar sehingga utilitas dan privasi dapat tecapai dengan maksimal.

Persyaratan perencanaan bangunan harus melibatkan perencana yang matang, persyaratan perencanaan bangunan lainya yang sangat berdampak pada kenyamanan

Kenyamanan sanitasi meliputi penyediaan kamar mandi, wc, urinals dll. Penyediaannya bukan hanya kebutuhan tapi juga persyaratan wajib. Fasilitas ini harus ditempatkan pada area yang dapat diakses oleh semua pengguna. Kemiringan lantai sanitasi yang sesuai harus diperhitungakan agar dapat mengalirkan air dengan mudah. Nialai prospek sebuah gedung adalah kemampuan perencanaan dari penempatan pintu, jendela dan perabotan sehingga dapat menyembunyikan fitur bangunan yang tidak layak dipandang mata, sehingga menimbulkan tampak prospek dan menyenangkan terhadap bangunan tersebut.

Elegan (Aggun) berarti efek umum yang dihasilkan untuk tampilan dari luar. Nilai elegan tergantung pada posisi pintu, jendela, ventilator, chejjas, balkon, dll. Dimana elevasi harus menarik, lebar, tinggi dan proyeksi di gedung berkontribusi banyak terhadap nilai keanggunan bangunan. Taj Mahal adalah contoh yang terkenal dengan keanggunannya. Aspek perencanaan flesksibilitas bangunan adalah ruangan yang dirancang untuk tujuan tertentu harus mungkin digunakan untuk tujuan lain

Disini PT EMKA Architect Group sebagai perusahaan KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat di Jogja bisa membantu anda dalam membangun bisnis anda. Dengan pengalaman kami selama 20 tahun, PT. EMKA ARCHITECT GROUP sudah berhasil membangun Berbagai macam dan bentuk bangunan mulai dari pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll diberbagai tempat di Jogja dan sekitarnya sehingga bisa menjadi partnership dalam Proyek Pembangunan anda. tidak hanya itu PT. EMKA Architect Group juga bisa membantu anda untuk perizinan pendirian Bangunan dan pengelolaan.

Info lebih lanjut langsung saja hub : +6281246662228 / +6281246662229
no whatsapp : +6281229944671
atau bisa langsung kunjungi kantor office kami di jl. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Gunung Ketur, Pakualaman, Yogyakarta.