Rumah dengan Sistem Dinding Precast

kontraktor jogja

PT EMKA Architect Group merupakan perusahaan KONTRAKTOR DI JOGJA yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat. Menjadi KONTRAKTOR Jogja yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, menjadikan PT EMKA Architect Group bukan hanya sekedar melayani pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll namun juga mengkonsep matang Bangunan yang anda impikan oleh tenaga professional kami serta menyuguhkan Pembangunan yang layak anda idamkan dan ramah lingkungan.

Sekarang, ada banyak proyek perumahan dan apartemen; Oleh karenanya, diterapkanlah sistem konstruksi precast sebagai jawaban dari ekspansi yang cepat ini. Pemilik rumah sebaiknya mengetahui sistem precast sebagai informasi untuk membuat keputusan dalam memilih tempat tinggal berkualitas yang memenuhi keinginan sejatinya.

Sistem konstruksi saat ini telah berkembang secara signifikan. Sistem precast atau sistem komponen bangunan beton bertulang adalah salah satu sistem yang dikembangkan sebagai alternatif dalam pekerjaan konstruksi. Sistem precast biasanya digunakan dalam proyek seperti perumahan atau apartemen yang memiliki banyak bangunan dengan tipe yang sama. Para developer perumahan kemudian berinvestasi di pabrik-pabrik untuk membuat komponen-komponen bangunan terlebih dahulu. Saat masuk waktunya konstruksi dimulai, komponen-komponen tersebut akan diangkut dan dikumpulkan di lokasi konstruksi.

Dinding precast yang diproduksi di pabrik selama transportasi untuk pemasangan di lokasi
Keuntungan atau poin plus dari sistem precast yang membuat developer berinvestasi dalam membangun pabrik dan permesinan adalah penggunaan modal yang lebih rendah dalam membangun gedung dibandingkan dengan sistem konstruksi biasa – karena waktu konstruksi lebih cepat, biaya tenaga kerja lebih rendah, kualitas konstruksi memenuhi standar sebagai komponen yang dibuat di pabrik, proyek dapat dibuka dengan cepat sesuai permintaan pasar, dan sistem metodenya juga dapat digunakan dalam proyek lain.

Keuntungan-keuntungan tersebut sebagian besar menguntungkan para developer. Di sisi lain, pemilik rumah atau konsumen juga mendapatkan manfaat yang sama. Komponen berkualitas baik memenuhi standar karena manufaktur pabrik, sehingga tidak tergantung pada cuaca, keterampilan tenaga kerja atau faktor lain yang dapat memengaruhi kualitas konstruksi terutama standar beton-tulang dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan semen. Ruang yang dapat digunakan pun meningkat karena komponen precast dirancang sesuai dengan area bangunan tersebut. Pojok dan sudut dinding sudah diperhitungkan, sehingga tidak ada ruang terbuang untuk tiang atau struktur rasuk seperti yang terjadi pada metode konstruksi biasa. Komponen precast adalah beton-tulang yang berfungsi sebagai struktur dan dinding bangunan. Oleh karena itu, bangunan lebih kuat dibandingkan dengan sistem dinding bata dan mampu menahan gaya lateral lebih dari metode konstruksi normal. Dengan demikian, jika struktur yang hendak dibangun merupakan sistem precast, harus ada penentuan substruktur oleh insinyur struktur terlebih dahulu karena beban per meter persegi dari struktur beton-tulang lebih dari dinding bata plesteran normal.

Keuntungan dari pembangunan sistem precast ini juga memiliki keterbatasan – jika konsumen atau pemilik rumah ingin memodifikasi, memperpanjang atau merenovasi area fungsional, yang harus Anda pertimbangkan adalah beton yang digunakan untuk struktur beton-tulang yang dibuat oleh pabrik, transfer beban struktural dan cara menghubungkan sambungan instalasi komponen.

Pada prinsipnya, pemilik rumah harus tahu apakah struktur bangunan atau rumahnya itu precast, dinding penahan beban, atau tiang precast dan rasuk yang dirakit dengan dinding bantalan non-beban atau dinding bata normal karena sistem yang berbeda memiliki keterbatasan yang berbeda dalam memodifikasi, memperluas atau merenovasi area fungsional.

Adapun cara termudah untuk mengetahui sistem struktural bangunan atau rumah adalah dengan bertanya kepada insinyur struktural bersama dengan pemeriksaan gambar konstruksi. Hal ini juga dapat dicek melalui investigasi di tempat jika ada tiang bantalan beban atau rasuk. Jika hanya ada dinding beton tanpa struktur tiang atau rasuk, dapat diasumsikan bahwa strukturnya adalah sistem dinding bantalan beban precast. Namun demikian, investigasi ulang harus tetap dilakukan bersama insinyur bangunan untuk mengecek sistem struktural yang dipakai.

Jika dinding beton precast dirancang untuk mengimbangi dinding bata tanpa beban struktural, dinding tersebut dapat dihilangkan, dihancurkan dan dipahat di bawah pengawasan ahli sehingga tidak akan ada dampak terhadap komponen lain, terutama tiang dan rasuk yang merupakan struktur bangunan utama. Namun, jika dinding adalah dinding precast beban, dan penghapusan, pembongkaran atau pahat diperlukan, ada beberapa batasan yang akan memengaruhi struktur. Diperlukan saran dari insinyur yang merancang proyek itu untuk tempat mana yang dapat diubah bersama dengan teknik pengeboran dengan peralatan khusus untuk struktur dinding X-Ray, agar modifikasi tersebut tidak memengaruhi lokasi rebar utama.

Hal penting lainnya adalah sambungan bersama komponen precast, yang tergantung pada teknik masing-masing pengusaha dalam hal detail sambungan yang akan mereka miliki. Secara umum, ada 3 masalah penting: ketahanan, kerapihan, dan pemeliharaan. Sambungan penghubung panel precast biasanya ada pada sambungan vertikal antar dinding, sambungan horisontal dari dinding atas dan bawah, dan dinding dan lantai, yang biasanya dirancang untuk mencegah kebocoran air dan udara dengan saling mengunci komponen di sambungan dan menyegelnya dengan lem PU (lem poliuretan).

Tipe lainnya adalah dengan membuat celah dan memperkuatnya dengan batang baja, tuangkan dalam nat non-susut (semen dengan properti adhesif tanpa penyusutan), kemudian tutup dengan lem PU. Sambungan dapat dihias dan ditutup dengan cornice agar lebih awet, atau menempelkan bahan guna memecah sambungan untuk mencegah retak atau kerusakan di masa depan seperti logam atau PVC skirting, yang dapat diterapkan baik di indoor maupun outdoor. Jika sambungan perlu diperbaiki, itu bisa dilakukan dengan melepas sealant lama dan menyegelnya kembali.

Saat membuat keputusan untuk membeli rumah atau kondominium yang dibangun dengan sistem precast, pemilik rumah harus mempertimbangkan pengalaman atau keahlian pengembang properti dalam sistem precast, apakah itu adalah proses manufaktur pabrik, pemeriksaan mutu, perhatian terhadap detail-detail termasuk rencana pemilik rumahuntuk melakukan ekstensi, modifikasi atau instalasi sistem sejak awal. Jika bahan dan instalasi berkualitas baik, termasuk pemilihan sistem yang memenuhi persyaratan dan pemanfaatan pada saat ini maupun mungkin nanti, sistem precast akan bermanfaat bagi pemilik rumah.

Disini PT EMKA Architect Group sebagai perusahaan KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat di Jogja bisa membantu anda dalam membangun bisnis anda. Dengan pengalaman kami selama 20 tahun, PT. EMKA ARCHITECT GROUP sudah berhasil membangun Berbagai macam dan bentuk bangunan mulai dari pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll diberbagai tempat di Jogja dan sekitarnya sehingga bisa menjadi partnership dalam Proyek Pembangunan anda. tidak hanya itu PT. EMKA Architect Group juga bisa membantu anda untuk perizinan pendirian Bangunan dan pengelolaan.

Info lebih lanjut langsung saja hub : +6281246662228 / +6281246662229
no whatsapp : +6281229944671
atau bisa langsung kunjungi kantor office kami di jl. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Gunung Ketur, Pakualaman, Yogyakarta.

Sumber: www.decorreport.com