Musim Hujan Tiba, Atap Masih Bocor?

perusahaan kontraktor jogja terpercaya

PT. EMKA ARCHITECT GROUP Adalah Perusahaan Kontraktor yang Berkantor Pusat Di Jogjakarta…selama 20 Tahun Berkembang bersama Mengembangkan Proterty Seperti Rumah, Kost, Apartemen dan Hotel di Kawasan Yogyakarta dan Kota-kota Besar di Sekitarnya

Hujan adalah rahmat dari Allah bagi manusia tapi disisi lain akibat dari kesalahan kerja ataupun akibat atap rumah yang sudah uasang dimakan usia seringkali di musim penghujan ini ada tambahan pekerjaan dirumah akibat kebocoran atap. Masalah kebocoran atap saat musim hujan sering dikeluhkan banyak orang, mulai dari skala kecil yang menetes hingga skala besar yang mengucur. Tidak jarang atap rumah yang bocor akan meninggalkan noda bekas pada tembok, sehingga akan merusak keindahan rumah. Terkadang tukang bangunan profesional sekalipun merasa kesulitan memperbaiki atap rumah yang bocor. Karena terkadang kebocoran pada atap terjadi karena proses pengerjaan yang salah diawal.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah ini ternyata juga berlaku untuk pemasangan atap pada rumah maupun property lainnya. Pemasangan berbagai komponen atap yang dilakukan dengan benar dan pemilihan material yang tepat, serta ditunjang oleh tenaga ahli, sangat menentukan keadaan atap dikemudian hari. PT EMKA Architect Group perusahaan kontraktor Jogja professional yang telah berpengalaman sejak tahun 1998 tentunya bisa menjadi solusi pembangunan property Anda.
Berikut ini tips untuk mengatasi kebocoran pada atap :

  • Sudut Kemiringan Atap, Buatlah atap dengan sudut kemiringan yang tepat, sehingga air cepat mengalir ke tanah. Sudut kemiringan yang ideal sekitar 30° untuk umumnya, namun ada beberapa jenis atap yang sudut kemiringannya bisa lebih landai.
  • Minimalkan Sambungan Atap, Kebocoran dapat ditimbulkan dari sambungan, minimalkan pemakaian sambungan antara atap seperti penggunaan karpusan/nok, jurai, atau model atap bertumpuk, karena tiap pertemuan atap berpotensi untuk bocor. Atap dengan model pelana paling ideal untuk mengurangi risiko bocor.
  • Pilih Genteng Berkualitas, Genteng yang kurang bagus dapat menimbulkan kebocoran, pilih penutup atap ( genteng ) yang berkualitas sehingga tidak mudah retak yang menyebabkan air menetes ke bawah. Penutup atap katagori bagus dapat dipasang dengan sempurna tanpa ada celah. Pilihan material atap amat beragam mulai dari keramik / tanah liat, metal, PVC, beton dll.

BACA JUGA Perencanaan Bangunan dan Nilai Estetika Bangunan

  • Pasang Talang dengan Tepat, Pasang talang untuk mengarahkan air hujan dari atap. Pilih talang dengan ukuran kekuatan dan pemasangan yang tepat yaitu dengan memberi sedikit kemiringan kurang lebih 2 cm s/d 4 cm dari datar, agar air langsung mengalir tanpa ada sisa air yang tergenang di talang. Apalagi jika talang yang digunakan terbuat dari beton, semakin lama air tergenang di dak talang semakin cepat kerusakan dari talang itu.
  • Perhatikan Ketinggian Nok, Bubungan / nok jangan dipasang terlalu tinggi maksimal pemasangan adukan nok 2 cm – 3 cm dari genteng, karena jika terlalu tinggi akan menimbulkan celah yang bisa mengundang air. Pengerjaannya harus rapi dan memakai bahan yang tidak mudah retak. Bahan berupa lembaran yang tahan air, lunak, dan lentur sehingga tidak akan getas lalu retak karena cuaca. Cara ini juga membuat atap lebih bersih dan rapi, karena tidak ada lagi lelehan adukan yang kerap mengotori atap.
  • Pasang Material Pelapis, Material pelapis seperti karpet talang pada bagian yang rawan bocor seperti; pada jurai dan pertemuan antara genteng dan dinding. Usahakan pemasanganya jangan sampai melewati dari permukaan luar karena mengurangi kesan kerapihan atap tersebut.
  • Pakai Waterproofing, Aplikasikan cat waterproofing pada tiap sambungan dengan benar, agar tidak terjadi retak rambut. Waterproofing adalah bahan pelapis yang kedap air sehingga dapat mencegah kebocoran. Aplikasi waterproofing bisa dilakukan dengan kuas, roller, atau spray. Pengaptikasiannya dibuat berlapis. Lapis pertama, berupa waterproofing yang diencerkan dengan air (10%) agar lebih menyatu dengan permukaan yang dilapisinya. Lapis kedua berupa waterproofing tanpa campuran. Hal ini dilakukan berulang ( minimal 1x ulangan ) dengan tetap ulangan arah lapisannya berlawanan agar kedua lapisan saling menganyam. Apa bila daerah tersebut beresiko tinggi kebocoran bisa ditambahkan dengan serat fiber.

Tentunya sangat merepotkan bukan jika waktu musim hujan atap mengalami kebocoran, untuk itu tidak ada salahnya jika harus lebih selektif dalam memilih jasa bangun rumah atau jasa kontraktor. PT EMKA Architect Group yang merupakan perusahaan jasa kontraktor Jogja professional yang telah berpengalaman sejak tahun 1998 bisa Anda jadikan solusi dalam kebutuhan pembangunan property Anda.

Wujudkan Impian Anda Bersama PT EMKA ARCHITECT GROUP.. Perusahaan Kontraktor Di Jogja Berpengalaman selama 20 Tahun

Sumber : http://proyekrumah.com/atap-bocor-berikut-yang-perlu-diperhatikan-guna-mengurangi-kecocoran-atap/