Arsitektur Desain Minimalis

Arsitektur Desain Minimalis

Arsitektur Desain Minimalis

Arsitektur desain minimalis sudah ada sejak lama yang masih menjadi trend masyarakat saat ini. Gaya ini menjadi wakil gaya hidup masyarakat modern yang kehidupannya serba simpel. Di Indonesia gaya ini memang mengalami berbagai perubahan dan adaptasi, sehingga muncullah berbagai gaya minimalis.

Seperti gaya minimalis etnik, gaya minimalis tropis, namun kesan dan karakter simpel yang menjadi ciri khasnya minimalis terasa. Kesan sederhana tanpa detail yang rumit di dominasi dalam bentuk arsitektur minimalis.

Sisi warna yang cenderung bersih menimbulkan kesan elegan lebih ditekankan pada dalam arsitektur ini. Pada rumah tinggal  dapat ditampilkan desain eksterior maupun interiornya. Selain itu karakter minimalis dapat dikembangkan sesuai keinginan dan selera. Perlu diperhatikan pula dalam melakukan penambahan atau pengurangan agar tidak meninggalkan dasar pada desain minimalis.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa, ada beberapa gaya minimalis pada rumah yaitu minimalis etnik, minimalis tropis dll. Selain kedua gaya tersebut juga terdapat konsep rumah minimalis kontemporer. Apa sih rumah minimalis Kontemporer itu? Berikut sedikit penjelasan mengenai rumah minimalis kontemporer.

Rumah minimalis kontemporer merupakan salah satu bentuk transformasi rumah minimalis. Dengan perubahannya yang dibawa menunjukkan bahwa rumah ini selain memberikan kesan yang simpel juga dapat tampil unik, atraktif. Namun perubahan ini pun tak menghilangkan ciri khas dari desain minimalis itu sendiri.

Karakter utama dari desain kontemporer adalah dinamis yang membuatnya terkesan berubah-ubah setiap waktu.  Karakter kontemporer dalam rumah akan tampil dengan sosok bangunan yang menunjukkan permainan dinding yang unik. Komposisi bukaan kaca yang dominan, serta pola ruang yang lebar.Tentunya ada beberapa tipe elemen desain yang menambah maupun memberi sentuhan gaya kontemporer.

Tipe Elemen Desain Gaya Kontemporer

Berikut ada beberapa tipe-tipe elemen yang akan memberikan sentuhan kontemporer.

  1. Motif dan Pola
  2. Garis yang Jelas dan Halus
  3. Memilih warna netral dan gelap
  4. Penyimpanan yang rapi
  5. Karya seni warna warni
  6. Nuansa yang nyaman
  7. Color Blocking

 

Selain itu juga dapat dihindari penggunaan warna pop yang cerah. Berikut sebagian tipe elemen yang akan menambah sentuhan gaya kontemporer.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *