PEMBUATAN STRUKTUR KOLOM BETON PADA GEDUNG BERTINGKAT

Pada pelaksanaannya membuat struktur kolom beton gedung bertingkat itu lebih rumit dan memerlukan ketelitian tinggi dibandingkan dengan membuat struktur beton rumah biasa. Karena dari fungsinya sendiri, kolom pada gedung bertingkat akan menampung beban yang lebih besar baik itu beban vertikal dan horizontal. Selain itu juga, mereka para ahli teknik sipil berusaha agar biaya yang dikeluarkan bisa seefisien mungkin tanpa mengurangi faktor keamanan.

Dalam proses pembuatan kolom gedung pencakar langit, terlebih dahulu dilakukan perencanaan yakni dimulai dengan perhitungan analisis beban yang bekerja pada kolom, kemudian memperhitungkan efisiensi biaya yang akan dikeluarkan, dan selanjutnya merekayasa dimensi dari kolom yang akan di terapkan.

Secara umum urutannya adalah sebagai berikut:

  • Mencari Dimensi Kolom Gedung Bertingkat

Di sinilah tugas seorang konsultan perencana bekerja extra, mereka yang akan menghitung beban apa saja yang bekerja pada kolom. Perlu digaris bawahi juga bahwa, biasanya para ahli struktur telah memahami teknik manual atau dasarnya terlebih dahulu. Setelah paham barulah mereka menggunakan aplikasi penghitung struktur otomatis seperti yang telah admin sebutkan diatas.

  • Gambar Struktur Kolom Gedung Bertingkat

Setelah semua data dihitung dan menghasilkan output yang didapat oleh perencana seperti di atas tadi, selanjutnya dibuatlah gambar kerja  berupa  Informasi  dimensi kolom, dimensi tulangan dan jenis kuat tekan beton yang akan dipakai, serta tata letak kolom tersebut.

  • Proses Menentukan As pada Kolom

Pada masa pelaksanaan pemasangan kolom, tingkat akurasi diperlukan agar tidak keluar dari gambar rencana diatas. Seorang surveyor melakukan pengukuran agar semua detail dapat tepat pada posisinya. Pihak pengawas akan terus mengawasi selama proses pengerjaan, agar pekerjaan dapat dilaksanakan dan diselesaikan dengan baik dan tepat sesuai dengan gambar rencana.

  • Proses Pemasangan Pembesian Kolom

Pekerja membuat rangkaian pembesian yang terdiri dari tulangan utama dan beugel diikat secara kokoh, baik itu ditempat atau pun diluar posisi kolom, selanjutnya setelah pembesian berada pada lokasi yang telah ditentukan, maka dilakukan pemasangan bekisting. Setelah proses pemasangan bekisting selesai, selanjutnya proses pengecoran dilakukan baik itu dengan cara concrete pump atau diangkat dengan bucket tower.

  • Proses Membuka Bekisting

Pekerjaan membongkar bekisting dilakukan setelah sumur beton telah tercapai atau kekuatan beton telah terpenuhi. Untuk mencapai kekuatan beton yang disarankan biasanya dilakukan pencampuran bahan khusus agar proses pencapaian kekuatan dapat terpenuhi dalam waktu singkat. Sehingga proses pekerjaan membuka bekisting dapat dilakukan dalam rentang waktu lebih cepat tanpa mengurangi kekuatan kolom itu sendiri.

Informasi, pemesanan dan konsultasi, hubungi kami:

0274 – 543242

0274 – 589600

PT. EMKA ARCHITECT GROUP

Head Office: Jln. Ki Mangunsarko 40 B, Yogyakarta

PROMO GRATIS :
Desain 3D, RAB, Gambar kerja…

1 Lantai 2.9 juta/meter
2 Lantai 3.3 juta/meter

BANGUN BERSAMA EMKA – PT. EMKA ARCHITECT GROUP