KONSEP RUMAH SEJUK EMKA

Tinggal di Negara beriklim tropis membuat Anda terbiasa hidup dengan hawa panas. Belum lagi jika tinggal di kota besar, di mana hawa terasa lebih panas karena banyaknya kendaraan dan sedikit pohon. Rumah yang memiliki sirkulasi udara baik tidak hanya membuat penghuninya nyaman dan betah di rumah, namun juga berpengaruh terhadap kesehatan. Dan untuk membuat rumah terasa sejuk, banyak orang memilih cara instan dengan memasang pendingin udara (AC) di dalam ruangan. Tapi hal tersebut tentunya membawa konsekuensi tagihan listrik yang tinggi. Padahal sebenarnya tidak hanya cuaca di luar yang mempengaruhi suhu di dalam rumah. Kehadiran bahan kimia seperti merkuri juga bisa memicu peningkatan temperatur udara di sebuah ruangan.

Berikut ini adalah cara agar bangunan rumah menjadi lebih sejuk tanpa menggunakan AC, yaitu

  • Menghindari Cahaya Matahari Langsung

Jika cahaya matahari langsung masuk ke dalam rumah, hal ini dapat membuat rumah menjadi panas dan tidak nyaman.

  • Menanam Pohon

Tanam sebatang pohon di halaman belakang atau depan. Dengan berlalunya waktu, pohon itu akan tumbuh besar. Daun-daunnya akan membantu menghalangi paparan sinar matahari. Di siang hari pohon akan menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen, sehingga suhu udara di sekelilingnya akan menjadi sejuk. Jangan lupa memangkas dahan pohon secara teratur agar ranting keringnya tidak mengotori atap rumah.

  • Ventilasi Silang

Jika memungkinkan, buatlah ventilasi silang di rumah untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Caranya adalah dengan membuat dua jendela atau ventilasi yang saling berhadapan. Hal ini dapat memperlancar sirkulasi udara dan rumah pun akan tetap sejuk di segala cuaca.

  • Kerai Bambu

Kerai bambu adalah cara sederhana untuk menangkal paparan sinar matahari. Udara yang berhembus melalui sela-selanya akan membuat temperatur dalam rumah terasa sejuk. Selain itu, kerai bambu mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau.

  • Membuat Kolam

Kolam ikan akan membuat taman lebih indah. Selain itu, unsur air selalu menghasilkan suasana yang lebih sejuk dan menyegarkan bagi sekelilingnya.

  • Penggunaan Dinding Styrofoam

Cara mengatasi udara panas di dalam rumah adalah dengan penggunaan Struktur Styrofoam yang terdiri dari butiran yang tidak dapat menghantarkan panas, membuat fungsinya sangat baik sebagai isolasi termal yang baik untuk meredam panas pada ruangan.

  • Perencanaan Plafon yang Tinggi

Mempunyai plafon yang tinggi akan membuat aliran udara didalam ruang dapat mengalir lebih leluasa, sehingga pastinya temperatur di dalam ruangan akan menjadi lebih sejuk. Plafon yang rendah pastinya akan membuat terasa lebih pengap.

PROMO GRATIS :
Desain 3D, RAB, Gambar kerja…

1 Lantai 2.8 juta/meter
2 Lantai 3.2 juta/meter

BANGUN BERSAMA EMKA – PT. EMKA ARCHITECT GROUP